Info Seputar Dunia Kesehatan dan Karir

Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan dan Keindahan Tubuh

Pohon kamboja atau lebih tepatnya bunga kamboja (plumeria) ialah salah  satu jenis bunga yang dapat dengan mudah di temukan pada Indonesia. Namun, bunga ini ternyata bukan dari berasal Asia Tenggara serta tidak terdapat hubungannya dengan nama Negara atau kerajaan Kamboja. Tempat berasal bunga kamboja merupakan dari benua  Amerika bagian tengah dan  Selatan seperti, Meksiko, Ekuador, Kolombia, Kuba, dan  Venezuela.

Lantas, mengapa bunga kamboja sangat dikenal pada Indonesia? Bunga ini diperkirakan dibawa oleh kaum pedagang asal Portugis dan  Belanda pada masa colonial dulu. Bunga kamboja dapat tumbuh subur didataran rendah sampai di ketinggian 700 meter. Namun, secara umum  tanaman ini mampu tumbuh disemua daerah.

Manfaat
Beberapa senyawa yang memiliki kegunaan terkandung dibunga kamboja, mirip triterprenoid amirin, lupeol, dan  fulvoplumierin, pula mengandung nutrisi yakni vitamin E serta emolien, sebagai akibatnya bunga ini dapat dipergunakan sebagi obat serta pula bermanfaat untuk merawat kesehatan dan  keindahan tubuh. Sang karena itu, bunga kamboja acapkali dipergunakan sebagai bahan buat menghasilkan kosmetik serta minyak wangi atau parfum.

Bunga kamboja juga mampu untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit seperti bisul, bengkak, patek, kutil, panu, bahkan bisa buat menghilangkan tahi lalat dan  mengobati kaki pecah-pecah. Sedangkan akar pohon kamboja sangat berguna menjadi obat penyakit kelamin, yaitu kencing nanah atau gonorrhea.

Olahan
Bunga kamboja dapat diolah menjadi beberapa jenis kuliner, mirip buat menghasilkan kue, tempura, asinan, jua minuman yang menyegarkan sekaligus menyehatkan. Menjadi contoh, berikut adalah kiat-kiat membentuk Teh Bunga Kamboja:

Cara menghasilkan:

Pilihlah bunga kamboja yg berkualitas. Galat satu cirri bunga kamboja yang berkualitas rupawan merupakan yang sudah berusia tua tidak terdapat bekas dimakan serangga pada bunga tadi.
Keringkan bunga kamboja menggunakan cara dijemur diterik mentari . Bisa jua memakai panggang buat mengeringkannya tetapi lebih sempurna Bila dikeringkan secar alami.
Sehabis sahih-sahih kemarau, pilih bunga kamboja yg masih utuh serta tidak pecah. Bila sudah, berarti bunga kamboj telah siap diseduh seperti layaknya menyeduh teh.
Ambil beberapa bunga kamboja serta seduhlah dengan air panas. Tuangkan ke cangkir secukupnya serta masukkan gula pasir sinkron selera. Teh bunga kamboja telah yang harum, nikmat, dan  sehat telah siap buat diminum.

[reportaseterkini.Net]

Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan dan Keindahan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fanny

0 komentar:

Posting Komentar